Jokowi Kurban 2 Sapi Limosin di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 19:06 WIB
Puang Tedong, calon sapi kurban warga Polman, Sulbar, yang akan dibeli Presiden Jokowi untuk Idul Adha 1441 H (Abdy Febriadi/detikcom)
Ilustrasi. Foto: Puang Tedong, calon sapi kurban warga Polman, Sulbar, yang akan dibeli Presiden Jokowi untuk Idul Adha 1441 H. (Abdy Febriadi/detikcom)
Solo -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyumbangkan sapi kurban ke berbagai daerah, salah satunya Solo pada Hari Raya Idul Adha 2020. Ada dua ekor sapi berukuran besar yang akan dikirim ke dua masjid besar di Solo.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan dua masjid tersebut ialah Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al-Wustho Pura Mangkunegaran.

"Untuk Masjid Agung Surakarta, sapinya seberat 1.030 kilogram. Untuk Masjid Al-Wustho seberat 930 kilogram," kata Bambang saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, serah terima berkas telah dilakukan antara perwakilan Presiden Jokowi kepada Pemkot Solo. Namun sapi baru akan dikirim saat menjelang hari raya Idul Adha.

"Hari ini berita acara sudah kami terima. Tetapi untuk pengiriman nanti H-1," ujarnya.

Utusan presiden membeli dua sapi jenis limosin tersebut dari tempat yang berbeda. Satu dari Glondongan, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo dan satu lagi dari Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

"Dari Polokarto berusia empat tahun tiga bulan, dikirim ke Masjid Agung Surakarta. Dari Kalijambe berusia di atas tiga tahun, dikirim ke Masjid Al-Wustho," kata Bambang.

Pemkot Solo dan pihak masjid masih berkoordinasi terkait lokasi penyembelihan. Rencananya, daging sapi tersebut akan dibagikan kepada warga Solo dan sekitarnya.

(sip/rih)