Pendaftaran SM UPN Veteran Yogya Pakai Skor UTBK-UTBC Dibuka Hari Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 12:04 WIB
Kampus UPN Veteran Yogyakarta, Slema, Kamis (6/2/2020).
Kampus UPN Veteran Yogyakarta. (Foto: dok detikcom)
Sleman -

UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) membuka pendaftaran jalur Seleksi Mandiri (SM) Tahun Ajaran 2020/2021. Pendaftaran SM menggunakan nilai skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dibuka hari ini.

"Pendaftaran SM UPNVY yang masih dibuka saat ini yaitu SM melalui skor Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dan SM menggunakan Ujian Tes Berbasis Cetak (UTBC)," kata ketua penerimaan mahasiswa baru UPNVY Hendro Wijanarko, dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Pendaftaran dibuka secara online di laman pmb.upnyk.ac.id pada pukul 12.00 WIB. Dia menjelaskan SM UPNVY menggunakan skor UTBK yaitu penjaringan penerimaan mahasiswa baru menggunakan nilai skor UTBK tahun 2020. Pendaftaran dibuka 23 Juli-31 Agutus 2020 dan hasilnya diumumkan pada 8 September 2020.

"Jadi nilai skor UTBK yang digunakan yaitu hanya nilai skor UTBK tahun 2020, nilai UTBK tahun sebelumnya tidak bisa digunakan untuk mendaftar pada jalur ini. Jika peserta tidak memiliki nilai skor UTBK tahun 2020, peserta bisa mengikuti SM melalui UTBC," jelasnya.

Hendro menambahkan SM UPNVY melalui UTBC yaitu penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan ujian tulis. Lokasi pelaksanaan ujian tulis akan digelar di 3 lokasi yaitu Yogyakarta, Semarang dan Purwokerto.

"Pelaksanaan ujian tertulis di Yogyakarta nanti akan digelar tanggal 28-30 Agustus 2020, sedangkan pelaksanaan ujian tertulis di Purwokerto dan Semarang digelar tanggal 30 Agustus 2020," urainya.

Materi tes ujian tertulis yaitu hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS). Biaya pendaftaran SM melalui UTBC sebesar Rp 250 ribu.

"Jika peserta memiliki persyaratan semuanya, peserta bisa mendaftar SM UPNVY, baik melalui skor UTBK dan UTBC," tutupnya.

Tonton video 'Uang Pendaftaran akan Dikembalikan Bila Peserta Tak Bisa Ikut Ujian UTBK':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)