Menengok Lokasi 7 Emak-emak Joget TikTok di Exit Tol Setono

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 15:12 WIB
Lokasi exit tol Setono tempat emak-emak joget TikTok
Foto: Lokasi exit Tol Setono,Kota Pekalongan tempat emak-emak viral joget TikTok. (Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Video emak-emak berpakaian warna-warni berbaris satu persatu di exit Tol Setono, Kota Pekalongan viral di media sosial. Emak-emak itu ternyata membuat konten TikTok. Seperti apa lokasinya?

Pantauan detikcom di exit Tol Setono, Selasa (22/7/2020), jalur sepanjang 3,3 km itu merupakan jalan sodetan Tol Pemalang-Batang. Jalur ini menghubungkan Jalur Pantura dengan Pasar Grosir Setono.

Jalur exit Tol Setono ini milik Pemerintah Kota Pekalongan. Rute ini memiliki dua jalur, dan masing-masing jalur memiliki dua lajur, yakni lajur cepat dan lambat. Jalur cepat selebar 20 meter sedangkan jalur lambat selebar 5 meter terbagi di kanan dan kiri jalur cepat.

Untuk diketahui, interchange Tol Kota Pekalongan ini menghabiskan anggaran Rp 60 miliar dengan harapan perekonomian para pedagang batik di Pasar Grosir Setono kembali menggeliat. Interchange Tol Sokoduwet-Setono ini diresmikan Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz pada Jumat (21/12/2018) lalu.

"Jalur itu sebetulnya untuk mendekatkan pengguna tol untuk yang menuju ke pusat oleh-oleh Kota Pekalongan, Pasar Grosir Setono, yang sebelumnya sepi karena berfungsinya jalan tol," kata Wakil Wali Kota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid, saat dihubungi wartawan, Selasa (21/07/2020).

Setelah adanya jalur ini, sepanjang jalan ini kerap menjadi tongkrongan warga maupun anak motor yang berujung menjadi balapan liar. Sebelumnya, lokasi ini juga sempat viral karena ada bocah yang sepedaan di median jalan tol.

"Lokasi memang ramai, kerap dijadikan orang nongkrong. Kalau patroli dari Satpol PP dan dinas terkait (Dinas Perhubungan), terus dilakukan," tutur Aap, panggilan akrab Wakil Wali Kota Pekalongan.

"Untuk sehari (patroli), kita tidak bisa menjangkau semuanya," sambung Aap.

Diri pun menyesalkan adanya video viral emak-emak joget demi membuat konten video di exit tol itu. Dia pun menyinggung ulah emak-emak yang juga nekat membuat konten TikTok di Jembatan Suramadu.

"Memang kemarin, sempat ada video viral emak-emak TikTok di jalan tol, sangat kita sayangkan. Sudah ada contoh di Jembatan Suramadu dan itu kenapa nggak dijadikan pelajaran bersama," cetusnya.

Tonton video 'Emak-emak Main TikTok di Exit Tol, Polisi Turun Tangan':

Selanjutnya
Halaman
1 2