Meroket Lagi, Kasus Positif COVID-19 di Solo Tambah 23 Jadi 123

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 23:33 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19. Foto: Edi Wahyono
Solo -

Jumlah kasus COVID-19 di Solo, Jawa Tengah terus meroket hingga mencapai 123 kasus positif. Jumlah tersebut merupakan tambahan dari kasus baru hari ini yang berjumlah 23 orang positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, menyebut kasus baru itu masih didominasi oleh tenaga kesehatan (nakes). Dari 23 kasus, 15 di antaranya adalah tambahan dari RSUD dr Moewardi (RSDM) dan RS UNS.

"Ada tambahan 9 orang dari RSDM dan 6 orang dari RS UNS. Mereka masih terkait dengan nakes yang sebelumnya positif," kata Ning, sapaannya saat ditemui di Balai Kota, Kamis (16/7/2020).

Masih dari nakes, ada 3 orang tambahan dari salah satu Puskesmas di Solo. Puskesmas tersebut harus tutup sementara untuk penyemprotan disinfektan.

"Ceritanya ada pegawai satu yang habis cuti. Pas masuk kita tes swab bersama kontaknya, ada empat yang positif, tapi yang warga Solo ada tiga orang," ujarnya.

Dari klaster pedagang tahu kupat mencatatkan satu tambahan kasus, diduga dari pelanggan tahu kupat. Diketahui pasien baru ini adalah karyawan toko di Beteng Trade Center (BTC). Kejadian ini menyebabkan BTC ditutup sepekan.

"Dari tahu kupat ada 1 orang positif. Ini lanjutan dari 60 orang yang dites swab beberapa waktu lalu," ujarnya.

Kemudian ada tiga orang positif yang merupakan hasil pelacakan dari Sukoharjo. Sisanya 1 kasus merupakan pasien dalam pengawasan yang naik kelas menjadi positif.

Dengan demikian jumlah akumulasi kasus COVID-19 di Solo menembus 123 orang positif. 42 orang di antaranya dirawat inap, 35 orang isolasi mandiri, 41 orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

(bai/rih)