Jurus Pedagang di Kudus Jaga Stamina Hewan Kurban: Jamu hingga Pijat

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 15:34 WIB
Kerbau hewan kurban di kandang Kudus ini mendapat jamu hingga layanan pijat, Kamis (16/7/2020).
Kerbau hewan kurban di kandang Kudus ini mendapat jamu hingga layanan pijat, Kamis (16/7/2020). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

Biasanya hewan kurban yang dititipkan akan diantarkan setelah mendekati Idul Adha. Bisa H-1 atau H-2 bahkan ada yang H+1, tergantung pembeli dan kebutuhan.

"Intinya penitipan itu transaksi terjadi langsung secara otomatis penitipan, jadi nego harga dan jadi, itu plus penitipan dan pengantaran sesuai dengan permintaan konsumen, bisa H-1, H-2 terus ada yang H+1, kita turuti permintaan pembeli," kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan jumlah hewan kerbau yang dia jual totalnya ada sebanyak 281 ekor. Saat ini sudah laku sekitar 240 ekor. Di mana 200 ekor masih dititipkan dan 40 ekor kerbau sudah diantarkan kepada pembeli.

"Tahun lalu kita bisa mencapai 400 ekor kerbau. Namun tahun ini hanya menyediakan sekitar 281 ekor kerbau, ini karena adanya pandemi Corona ini," jelasnya.

Adapun untuk harga hewan kerbau dipatok Rp 15 juta hingga Rp 50 juta per ekor. Harga itu sudah termasuk biaya perawatan saat dititipkan. Karena rata-rata biaya perawatan saat dilakukan penitipan satu bulan Rp 500 ribu per ekor.

"Untuk perawatan biasanya satu bulan rata-rata Rp 500 ribu, sudah termasuk makan, minum, pijat, hingga perawatan yang lain ," tandas dia.


(rih/ams)