Polisi Setop Penyelidikan Dugaan Syekh Puji Nikahi Bocah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 14:43 WIB
s
Syekh Puji (Foto: dok. detikcom)
Semarang -

Polda Jawa Tengah menghentikan penyelidikan kasus Pujiono Cahyo Widianto alias Syekh Puji terkait kasus dugaan menikahi bocah berusia 7 tahun. Polisi menyebut hanya ada seorang saksi yang mengakui pernikahan itu terjadi.

Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jawa Tengah AKPB Sunarno mengatakan kasus itu dilaporkan di Polda Jateng oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak Jateng Endar Susilo. Kemudian laporan itu juga dilaporkan ke Mabes Polri oleh Wahyu Dwi.

"Berawal dari pengakuan saudara saksi Apri Cahyo, ini masih keponakan terlapor PCW alias SP, yang mengatakan bahwa sekitar Juni 2016 terjadi pernikahan siri PCW terhadap anak yang dihadiri saksi Apri dan saksi lainnya," kata Sunarno di kantornya, Semarang, Kamis (16/7/2020).

Sunarno menyebut sudah memeriksa 18 saksi, termasuk Apri, yang disebut menghadiri pernikahan siri Syekh Puji dengan anak yang kala itu berusia 7 tahun. Namun, kata Sunarno, para saksi lain yang diperiksa tidak ada yang sependapat dengan Apri.

"Dari pengaduan itu, penyidik melakukan pemeriksaan 18 saksi dan ada saksi ahli pidana dan dokter yang melakukan visum terhadap anak. Saksi-saksi tersebut tidak ada yang mengiyakan apa yang dikatakan Saudara Apri ini," jelasnya.

Dia menyebut konfrontasi juga sudah dilakukan, tapi tidak ada yang menyebut soal pernikahan siri itu. Dua flash disk yang berisi rekaman antara Endar dan ibu anak, menurut Sunarno, tidak menyebut adanya pernikahan itu.

"Ada dua flash disk. Pertama, rekaman testimoni Endar. Dia mengatakan sudah melakukan langkah klarifikasi dan menemui DTS dan Endang (ibu anak yang diduga dinikahi Syekh Puji). Tapi di rekaman ini hanya testimoni dia melakukan ini-itu," ujar Sunarno.

"Satu lagi percakapan Endar dan Endang, Ibu DTS, bahwa di sini tidak ada yang mengatakan telah terjadi pernikahan, tidak ada," imbuhnya.

Tonton video 'Syekh Puji Dituntut 6 Tahun Penjara':

Selanjutnya
Halaman
1 2