Geger Pria Pindahkan Rumah dalam Semalam, Pakar UGM Bicara Aji Bolo Sewu

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 14:25 WIB
rumah giman di ngawi yang di[indah sendiri dalam semalam
Rumah Giman di Ngawi yang Dipindah Sendiri dalam Semalam. (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Yogyakarta -

Pria di Ngawi, Giman (47), bikin geger karena mengaku memindahkan rumah seorang diri dalam semalam. Menurut pakar budaya Universitas Gadjah Mada (UGM), memang ada ajian ataupun laku ritual yang digunakan untuk kepentingan semacam itu.

"Masih ada orang yang mempelajari ilmu itu. Tentunya dengan laku dan ritual khusus," kata dosen Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Abdul Jawat Nur, kepada detikcom, Rabu (15/7/2020).

Jawat menyebut masih ada orang yang mempraktikkan ilmu seperti memindahkan rumah dalam semalam itu. Jawat menyebut ilmu itu dikenal sebagai ajian bolo sewu atau dalam bahasa Indonesia ajian seribu pasukan.

"Itu aji bolo sewu. Dulu, kata orang-orang, kakek saya juga punya kemampuan memindahkan rumah dalam waktu semalam," tutur Jawat.

"Memindahkan batang kayu jati yang besar dari dasar jurang ke depan rumah. Dan tidak ada orang yang tahu bagaimana cara memindahkannya," sambungnya.

Dia menyebut ajian bolo sewu ini digunakan untuk mendatangkan bantuan makhluk gaib untuk melakukan hal di luar kemampuan manusia. Hal ini mirip dengan pernyataan Giman yang mengaku dibantu banyak orang dalam imajinasinya.

"Dibantu makhluk astral untuk melakukan hal-hal di luar kemampuan manusia yang normal," terang Jawat.

Lantas bagaimana ciri-ciri orang yang mempraktikkan ilmu tersebut?

"Hanya orang-orang tertentu yang tahu. Kalau orang awam tidak tahu ciri-cirinya," jelasnya.

Tonton video 'Geger di Ngawi Pria Ngaku Pindahkan Rumah Sendirian dalam Semalam':

Selanjutnya
Halaman
1 2