Situs Corona Yogya Masih Sebut ODP-PDP, Pemda: Tunggu Sosialisasi dari Kemenkes

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 13:20 WIB
Selain Malioboro dan Titik Nol Kilometer, Tugu Pal Putih Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.
Tugu Kota Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana)
Yogyakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengganti istilah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG). Namun, di situs informasi tentang virus Corona atau COVID-19 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) istilah itu masih digunakan.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih Berty pun membenarkan masih menggunakan istilah ODP, PDP, dan OTG pada https://corona.jogjaprov.go.id/data-statistik. Alasannya, tim gugus tugas masih belum mendapat sosialisasi dari Kemenkes.

"Menunggu sosialisasi dari Kemenkes, sudah dijadwalkan minggu ini," ucap Berty saat dihubungi detikcom, Selasa (14/7/2020).

Setelah mendapatkan sosialisasi, maka pihaknya baru akan mengganti istilah pada laman tersebut.

"Sesegera mungkin (diganti)," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengganti istilah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG). Istilah terbaru yakni suspek hingga probable pun digunakan seperti tercantum dalam pedoman pencegahan virus Corona (COVID-19).

Tonton video 'WHO Sebut Banyak Negara Salah Strategi Hadapi Pandemi Covid-19':

Selanjutnya
Halaman
1 2