Tambah 1 Nakes, Jumlah Kasus Positif Corona di DIY Jadi 371

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 18:58 WIB
Poster
Ilustrasi kasus virus Corona. Foto: Edi Wahyono
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menyebut hari ini terdapat penambahan satu kasus positif virus Corona atau COVID-19. Satu pasien tersebut adalah seorang tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Gunungkidul.

"Untuk hari ini ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di DIY. Sehingga jumlah kasus positif (COVID-19) di DIY tetap sebanyak 371 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih Berty melalui keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Berty melanjutkan, tambahan satu kasus positif Corona itu adalah pasien kasus 374, perempuan 23 tahun, warga Gunungkidul. Pasien tersebut sebelumnya melakukan kontak dengan kasus positif lainnya.

"Kasus 374 adalah hasil tracing kontak kasus 324," ujarnya.

Dari catatan detikcom, kasus 324, perempuan 44 tahun warga Gunungkidul. Dia adalah seorang nakes di salah satu Fasyankes di Gunungkidul.

Berty menuturkan, terdapat alasan yang membuat pihaknya menyebut saat ini ada 371 kasus positif Corona di DIY. Hal tersebut karena untuk kasus 17 dikembalikan ke daerah asal yakni Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan status meninggal dunia.

Selain itu, atas kebijakan dari Public Health Emergency Operating Center (PHEOC), untuk kasus 37 dikembalikan ke daerah asalnya yakni Pemalang, Jawa Tengah. Sedangkan kasus 358 melanjutkan perawatan ke daerah asalnya yakni Madura atas permintaan yang bersangkutan.

Berty menambahkan, hari ini terdapat penambahan dua orang pasien yang sembuh dari Corona di DIY. Pasien itu adalah kasus 316, perempuan, 62 tahun warga Sleman dan kasus 319, laki-laki 27 tahun warga Sleman.

"Laporan kesembuhan kasus positif pada hari bertambah 2 kasus. Sehingga total yang sembuh hingga saat ini menjadi 293 kasus," ucap Berty.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty membenarkan jika pasien kasus 374 adalah seorang nakes di salah satu Fasyankes Gunungkidul. Pasien tersebut diketahui positif setelah pihaknya melakukan swab test terhadap sekitar 60 orang di Fasyankes tersebut.

"Iya betul (pasien 374 nakes), satu Fasyankes (dengan kasus 324). Jadi ini hasil swab test kami (di Fasyankes)," ucap Dewi saat dihubungi detikcom, Minggu (12/7/2020).

(rih/rih)