Round-Up

Harapan Orang Tua di Balik Nama Unik Dita Leni Ravia yang Viral

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 16:36 WIB
Dita Leni Ravia, Gunungkidul.
Foto: Dita Leni Ravia. (Dok pribadi)
Yogyakarta -

Nama seorang pelajar asal Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) viral karena unik. Nama pelajar itu adalah Dita Leni Ravia, jika diartikan dalam bahasa Indonesia, memiliki makna 'diikat menggunakan tali rafia'.

Remaja yang kerap disapa Leni (17) ini membenarkan nama lengkapnya adalah Dita Leni Ravia. Nama tersebut adalah pemberian ibunya.

"Iya (betul nama saya Dita Leni Ravia), yang beri nama itu ibu saya," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (7/7/2020).

Leni mengaku baru mengetahui namanya menjadi viral dari informasi salah seorang temannya. Informasi itu dia peroleh dua hari yang lalu.

"Jadi pertama itu kan itu di IG (Instagram) jowowaton posting kalau anak pertama namanya Dita Leni Rafia, nanti anak kedua apa, gitu. Terus saya dikasih tahu teman saya 'kok iki jenengmu ning kene ngopo?' (ini nama kamu kok ada di akun IG ini)," ucapnya.

Leni menjelaskan kedua orang tuanya bukanlah sastrawan atau seniman yang biasanya menamai anaknya dengan nama unik. Leni menyebut ayahnya sehari-hari bekerja sebagai petani dan ibunya wiraswasta.

"Kalau kata orang tua biar unik, terus kan gampang diingat orang kalau namanya itu (Dita Leni Ravia). Aku juga nggak pernah malu sedikit pun (karena namanya Dita Leni Ravia)," katanya.

Memiliki nama unik membuat penasaran orang yang mengenal. Leni mengaku banyak orang yang penasaran ketika mengetahui nama lengkapnya.

Pelajar SMK I Saptosari ini menjelaskan, sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), dia sering membuat teman dan gurunya terheran-heran dengan nama lengkapnya.

"Seingat saya, pas SD itu guru saya heran dan bilang 'kok namanya seperti ini gimana' terus saya bilang 'tidak tahu'. Terus pas ujian itu sempat viral juga, tapi tidak seperti sekarang. Dulu hanya orang tertentu yang tahu. Tapi kalau sekarang lewat HP kan bisa nyebar ke mana-mana," kata Leni.

Oleh karena itu, saat ini teman-temannya di sekolah memanggilnya dengan nama 'ditaleni' atau dalam bahasa Indonesia berarti diikat. Kendati demikian, dia tidak mempermasalahkannya.

"Di sekolah sekarang manggilnya 'Ditaleni', gitu. Tapi selama ini tidak ada yang bully, mungkin teman-teman saya hanya heran saja kok namanya unik," ujar Dita Leni Ravia.

Tak hanya di sekolah, pengalaman unik pernah ia dapat saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, Gunungkidul. Saat itu dari perawat hingga dokter tak henti-henti bertanya makna nama tersebut kepada Leni.

"Kalau pengalaman lucu, kemarin pas saya kelas I SMK kan sempat opname di rumah sakit dan perawat yang mengantar makanan itu setelah mengantar (makanan) kelihatan ragu dan nggak keluar-keluar dari ruangan," katanya.

"Akhirnya dia tanya kok namanya Dita Leni Ravia, bahkan sampai setengah jam itu di dalam ruangan hanya tanya tentang nama saya. Terus dokternya juga bilang 'kok namanya aneh sih', pada ketawa gitu. Tapi saya kan sudah biasa kayak gitu, jadi tidak dimasukin hati," lanjut Leni.

Tonton video 'Unik! Tiga Kakak Beradik Bernama Republik Indonesia Merdeka':

Selanjutnya, ibunda Dita Leni Ravia, Emy (39), mengungkapkan makna dan harapan di balik pemberian nama Dita Leni Ravia....

Selanjutnya
Halaman
1 2