Hasil Swab Keluar, 25 Dokter Residen UNS Solo Positif Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 22:45 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Sekitar 80 dokter yang juga mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo telah menjalani tes swab. Hasilnya, 25 orang dinyatakan positif COVID-19.

Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 UNS, Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan tes swab dilakukan usai satu orang dokter mereka yang positif COVID-19. Mereka memang merupakan dokter yang bertugas menangani COVID-19 di RSUD dr Moewardi (RSDM), Solo.

"Ada 25 tenaga kesehatan (nakes) yang juga mahasiswa PPDS kami yang positif COVID-19," kata Tonang saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/7/2020).

Mereka kemudian diserahkan dari RSDM untuk dirawat di RS UNS. Tonang menyebut akan melakukan penanganan sesuai pedoman Kementerian Kesehatan.

"25 pasien ini akan menjalani masa isolasi di RS UNS. Kami akan menangani sesuai pedoman Kemenkes dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," katanya.

Tonang mengatakan UNS juga merasa bertanggung jawab dengan mahasiswanya. Selain itu, ruang isolasi di RS UNS juga masih cukup untuk menampung mereka.

"Kalau di RSDM kan menjadi rujukan dari mana-mana, makanya kami bantu. Mahasiswa kami biar kami saja yang menangani," kata dia.

Dia juga memohon doa masyarakat agar seluruh pasien dapat sembuh dan dapat kembali menjalankan tugas menangani kasus COVID-19.

"Semoga para pasien ini bisa segera sembuh dan tidak ada penambahan kasus lagi," tutupnya.

(bai/mbr)