Mbah Tarso yang Hidup di Gubuk Karung Ternyata Dikenal Legenda Mancing Mania

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 08:24 WIB
Mbah Tarso (70) bersama sang istri Sugiani (31) hidup di gubuk karung di Banyumas, Rabu (8/7/2020).
Sosok Mbah Tarso yang tinggal di gubuk karung (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Purwokerto -

Kisah Mbah Tarso yang hidup di gubuk karung di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah ternyata dikenal sebagai sosok legenda mancing mania. Banyak warga yang mengenal Mbah Tarso sebagai legenda penangkap pelus atau sidat sejak puluhan tahun.

"Orangnya memang dari dulu puluhan tahun kerjanya cuma mancing. Aku kenal orang ini biasa dipanggil Tasa, jago mancing pelus. Pakarnya pemancing pelus tidak pakai sandal," kata salah satu warga Purwokerto yang sempat menjadi tetangga Mbah Tarso, Ricky (50) saat dihubungi detikcom, Jumat (10/7/2020).

Ricky mengaku mengenal Mbah Tarso sejak kecil. Seingatnya Mbah Tarso dikenal dengan nama Pak Tasa, dia pun mengaku sudah lama tak berjumpa dengan Mbah Tarso sejak rumah Mbah Tarso rusak tertimpa pohon roboh.

"Cara mancing istilah nyogok pakai lidi ke lubang-lubang, kalau tidak ngrogoh pakai tangan. Biasanya dia (Mbah Tarso) celana pendek, (membawa) kaleng isi cacing, lidi, senar pancing dan jalan sepanjang sungai. Jalur mancing biasa di kali Banjaran, kali Bodas, tapi tidak semua sungai di lewati," ucapnya.

Selain Ricky, adapula Edi Wahono warga Kecamatan Rawalo, Banyumas yang juga mengaku mengenal sosok Mbah Tarso itu. Dia juga mengenal Mbah Tarsa sebagai pakar penangkap pelus.

"Sang legendaris tukang mancing pelus atau sidat. Dia bisa mendeteksi ada tidaknya pelus dengan merasakan getaran airnya," ujar Edi.

Tonton juga 'Kisah Nenek di Maros, Hidup di Gubuk Reyot Sebatang kara':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2