Massa Ormas Geruduk DPRD Purworejo Tolak RUU HIP

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 17:05 WIB
Massa demo tolak RUU HIP geruduk DPRD Purworejo
Foto: Massa demo tolak RUU HIP geruduk DPRD Purworejo, Jumat (10/7/2020) (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Sejumlah massa dari berbagai ormas di Purworejo, Jawa Tengah menggeruduk gedung DPRD Purworejo. Mereka menuntut agar pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) segera dihentikan.

Massa yang menyebut dari berbagai ormas Islam tersebut menilai RUU HIP sebagai gerakan makar dan mengancam ideologi negara, Pancasila. Dalam aksi tersebut, terlihat sejumlah atribut organisasi seperti FPI (Front Pembela Islam), Muhammadiyah, Tapak Suci, GEMPUR (Gerakan Masyarakat Purworejo), MMI (Majelis Mujahidin Indonesia), Kokam, dan ormas lainnya.

Aksi massa ini digelar di gedung DPRD Purworejo, Jl Urip Sumoharjo, Purworejo. Mereka berorasi dengan dikawal polisi. Hanya perwakilan massa yang kemudian diterima beraudiensi di gedung DPRD Purworejo.

Koordinator aksi, Muhammad Luthfi Rohman (30) mengatakan aksi ini ditujukan untuk mendukung maklumat MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait RUU HIP. Massa juga menuntut negara untuk menangkap inisiator RUU HIP.

"Kami mendukung penuh MUI pusat dan seluruh MUI Indonesia di 34 provinsi serta seluruh umat Islam yang menolak RUU HIP. Kami menuntut pemerintah dan semua pihak terkait untuk mengusut inisiator RUU HIP, kalau pribadi untuk ditangkap dan dipidanakan. Kalau ormas atau partai politik ya dibubarkan karena terbukti makar terhadap negara," kata Luthfi saat ditemui usai aksi di kantor DPRD Purworejo, Jumat (10/7/2020).

"Ini bukti kebangkitan komunis. Itu (RUU HIP) artinya menuntut Tuhan berbudaya seperti manusia. Tuhan Maha Esa tidak ada berbudaya, itu musyrik dan atheis," lanjutnya.

Massa aksi ini membawa spanduk bertuliskan seperti Pancasilais Sejati Pasti Anti Komunis, Tolak RUU HIP, Dukung Maklumat MUI, Ganyang Komunis. Setelah melakukan orasi, perwakilan massa kemudian melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD Purworejo di kantor dewan.

Tonton video 'Marak Demo RUU HIP, Mahfud Md : Tak Apa-apa Asal Jangan Merusak':

Selanjutnya
Halaman
1 2