Fenomena Nama Unik seperti Dita Leni Ravia, Sosiolog Bicara Tren dan Ekspresi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:22 WIB
Dita Leni Ravia, Gunungkidul.
Foto: Dita Leni Ravia. (Dok pribadi)
Yogyakarta -

Viralnya nama unik saat ini seperti menjadi fenomena baru di jagat media sosial (medsos), salah satunya yang terbaru yakni gadis bernama Dita Leni Ravia dari Gunungkidul. Sosiolog UGM menilai hal fenomena nama unik sebetulnya sudah lama muncul dan pemberian nama unik tidak lebih untuk memudahkan masyarakat mengingat identitas seseorang.

"Mereka ini menyematkan nama unik sebenarnya sejak dulu. Cuma kali ini mudah fenomenal karena lewat viral medsos," kata Sosiolog UGM, Arie Sujito melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (7/7/2020).

Lanjutnya, pemberian nama unik juga memiliki gaya tersendiri, seperti halnya nama Dita Leni Ravia yang condong menggunakan kalimat dalam Bahasa Jawa. Di mana dalam Bahasa Indonesia, nama tersebut memiliki arti diikat menggunakan tali rafia.

"Karena tiap generasi punya gaya dan tren nama sesuai konteksnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Arie melihat pemberian nama unik di era saat ini sebagai bentuk ekspresi orang tua. Arie menilai tujuan para orang tua memberi nama unik untuk anaknya agar mudah diingat.

"Selain nama anak itu ekspresi imajinasi dan cita-cita, juga bagian identitas yang memudahkan diingat. Karena keunikannya akan membuat kesan tersendiri," ujarnya.

Selanjutnya tentang Dita Leni Ravia...

Selanjutnya
Halaman
1 2