Diguncang Gempa M 6,1, Pemkab Jepara: Tak Ada Laporan Kerusakan

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 09:16 WIB
Alat pendeteksi gempa Seismograf.  Zainal Abidin/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Zainal Abidin)
Jepara -

Gempa bumi berkekuatan magnitude 6,1 terjadi di 53 Km wilayah barat laut Jepara, Jawa Tengah. Guncangannya dirasakan di sejumlah daerah di Jawa. Namun Pemkab Jepara mengatakan hingga saat ini tak ada laporan kerusakan akibta gempa tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko mengatakan belum ada laporan kerusakan terkait kejadian gempa tersebut. "Tapi kok tidak terasa apa-apa. Alhamdulillah (belum ada laporan kerusakan)," kata Edy saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (7/7/2020) pagi.

Meskipun demikian, menurutnya di Jepara sudah ada alat untuk mendeteksi gempa bumi. Menurut Edy di Jepara sudah terpasang satu alat deteksi gempa bumi. Alat itu sebagai monitor jika terjadi gempa bumi di Jepara.

"Ada (satu alat deteksi gempa bumi), tapi hanya sebagai alat monitor, yang baca dari BNPB pusat," Jelas Edy. "Seperti tadi BNPB telepon ke BPBD atas pantauan alat tersebut," sambung Edy.

Sebelumnya staf BPBD Jepara, Poten, juga menjelaskan di wilayah Jepara justru tidak merasakan adanya gempa itu. Dia juga mengatakan tidak ada laporan kerusakan.

"Kami tidak merasakan. Belum ada laporan kerusakan," jelas dia saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat.

Tonton video 'Gempa M 6,1 Guncang Jepara, Tidak Berpotensi Tsunami':

(mbr/mbr)