Kejutan Politik Pilkada, Maju-Mundur Anak Amien Rais dan Rival Gibran

Sukma Indah Permana - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 10:59 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Foto: Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Yogyakarta -

Dinamika politik menjelang Pilkada Serentak 2020 di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diwarnai pernyataan maju mundur dari dua orang bakal calonnya. Dua itu yakni Achmad Purnomo, rival putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming di Pilkada Solo yakni Achmad Purnomo dan anak Amien Rais Ahmad Mumtaz Rais di Pilkada Sleman.

Achmad Purnomo sempat menyatakan mundur dari kontestasi Pilkada Solo dengan alasan terkait pandemi virus Corona atau COVID-19 pada 24 April 2020. Saat itu pria yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo ini mengaku tak sampai hati jika harus melanjutkan proses kontestasi politik di tengah pandemi virus Corona.

Surat pengunduran Purnomo akhirnya diserahkan kepada Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo pada 28 Mei 2020. Surat itu menyusul keputusan pemerintah yang menetapkan Pilkada berlangsung 9 Desember 2020.

Sempat menanggapi soal keputusan Purnomo, Gibran mengaku akan tetap melanjutkan langkahnya untuk berkontestasi di Pilkada Solo.

FX Rudy tak langsung memproses pengunduran diri Purnomo saat itu. Hingga akhirnya PDIP Solo menggelar rapat konsolidasi dan koordinasi khusus yang hasilnya menolak pengunduran diri Purnomo.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Solo, Putut Gunawan menyatakan PDIP Solo tetap mengusung pasangan Purnomo-Teguh dan menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

Pada sore hari yang sama, FX Rudy menyerahkan hasil rapat itu ke Purnomo. Rudy meminta Purnomo agar tetap menunggu keputusan DPP PDIP.

"Pada saat menerima surat penyataan tadi, sebagai kader partai ya taat dan patuh terhadap apa yang diputuskan, sambil menunggu keputusan DPP," katanya.

Menanggapi keputusan DPC PDIP Solo, Purnomo mengaku terenyuh. Dia mengaku tak bisa menolak dan akan menerima semangat dari kader PDIP Solo.

Tonton video 'Amien Rais Kritik Jokowi Marahi Menteri: Sandiwara Politik!':

Selanjutnya
Halaman
1 2