Makam Mbah Precet Belum Akan Direlokasi, FX Rudy Ungkap Alasannya

Kartika Bagus - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 17:42 WIB
Makam di pinggir jalan kampung Kota Solo, Selasa (30/6/2020).
Foto: Makam Mbah Precet di pinggir jalan kampung Kota Solo, Selasa (30/6/2020). (Kartika Bagus/detikcom)
Solo -

Pemerintah Kota Solo belum berencana merelokasi makam yang terletak di pinggir jalan kampung daerah Sriwedari, Laweyan, Solo. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebut makam itu menjadi landmark bagi warga yang tinggal di daerah tersebut.

"Karena memang di situ merupakan salah satu monumen yang dikenang oleh warga masyarakat yang ada di sana. Karena dulu dengan adanya pembantaian dan sebagainya menurut sejarah," kata Rudy di kantor Balai Kota Solo, Jl Jenderal Sudirman, Solo, Kamis (2/7/2020).

Rudy menyebut saat proses pembangunan Pasar Kembang keberadaan makam Mbah Precet itu sempat disinggung. Namun, relokasi makam yang berada di pinggir jalan Jalan Abiyoso, Kampung Teposanan, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo itu dirasa belum mendesak.

"Sehingga masyarakat belum merasa bahwa makam ini mengganggu," terangnya.

Rudy menyebut makam-makam sesepuh Kota Solo tidak hanya berada di Kelurahan Sriwedari saja. Hingga saat ini, pihaknya pun belum berencana untuk merelokasi makam-makam tersebut.

"Ada di beberapa tempat lainnya. Namun, sampai dengan hari ini kita belum ada pemikiran untuk memindahkan atau merelokasinya", tuturnya.

"Namun perlu ada komunikasi dan koordinasi yang lebih intensif sehingga warga masyarakat bisa menerima," jelas Rudy.

Selanjutnya
Halaman
1 2