PPDB Jateng di SMPN 1 Klaten, Pendaftar Ramai-ramai Tetap Datangi Sekolah

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 12:39 WIB
Suasana PPDB di SMPN 1 Klaten, Rabu (1/7/2020).
Foto: Suasana PPDB di SMPN 1 Klaten, Rabu (1/7/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Suasana penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Klaten ramai dengan para orang tua dan calon siswa. Para pendaftar disebut nekat tetap datang ke sekolah dan tak mendaftar secara online dengan sejumlah alasan, salah satunya ketidakpahaman teknis pendaftaran online.

"Kita sebenarnya tidak henti-hentinya meminta untuk tidak berkerumun. Tapi namanya masyarakat, ya nanti kita evaluasi," ungkap Ketua 2 PPDB SMPN 1 Klaten, Sagiman, saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Wahidin Sudiro, Klaten, Rabu (1/7/2020).

Sagiman menjelaskan sebenarnya posko yang dibuka di sekolah hanya untuk fasilitas bagi pendaftar yang kesulitan mendaftar secara online. Misalnya, kata Sagiman, bagi para pendaftar yang kesulitan jaringan internet di tempat tinggalnya.

"Tapi nyatanya masyarakat merasa lebih mantap mendaftar ke sekolah," lanjutnya.

Suasana penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 1 Klaten ramai dengan para orang tua dan calon siswa. Para pendaftar datang ke sekolah dan tak mendaftar secara online.Para pendaftar datang ke sekolah dan tak mendaftar secara online. Foto: Achmad Syauqi

Sagiman mengatakan sebetulnya tak ada gangguan dari sisi teknis pendaftaran online termasuk soal jaringan internet. Menurutnya, sosialisasi pendaftaran online dengan aplikasi juga sudah dilaksanakan.

"Bahkan ada demo penggunaan aplikasi sebelumnya, dan banyaknya warga yang datang ke sekolah tidak diduga," tutur Sagiman.

Dia menjelaskan rombongan belajar (rombel) di sekolahnya ada sembilan kelas dengan total siswa 288. Jumlah tersebut berasal dari empat jalur pendaftaran.

"Dari jalur zonasi minimal 50 persen, prestasi 15 persen, afirmasi 30 persen dan perpindahan orang tua sisanya," tutur Sagiman.

Selanjutnya
Halaman
1 2