Kisah Pilu TKW Sragen Disekap Majikan Tanpa Makan-Minum Air Bak di Saudi

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 21:20 WIB
Purwanto menunjukkan foto kakaknya Surani, TKW yang viral disekap tanpa makan dan terpaksa minum air bak mandi di Jeddah, Arab Saudi
Foto: Purwanto menunjukkan foto kakaknya, Surani, TKW yang viral disekap tanpa makan dan terpaksa minum air bak mandi di Jeddah, Arab Saudi (Andika Tarmy/detikcom)

"Jumat kita dapat laporan dari pihak desa, siang itu kami koordinasi dengan BP2MI. Betul tidak info tersebut, dan kami mohon dilacak. Lalu BP2MI komunikasi dengan KJRI Jeddah. KJRI bentuk tim, lalu mereka Sabtu pagi gerak. Ternyata benar, langsung Surani diambil," ujar Ernawan.

Ernawan melanjutkan, Surani saat ini dalam keadaan aman. Pihak KJRI disebutnya tengah mengurus proses hukum dan memperjuangkan hak-hak Surani.

"Sekarang kondisinya aman, posisi Surani di shelter KJRI Jeddah. KJRI juga sudah melaporkan majikan Surani ke pihak kepolisian setempat. Ini sedang menunggu proses pemulangan Surani, termasuk memastikan hak-haknya terpenuhi," terangnya.

Menurut penelusuran Disnaker, Surani berangkat melalui agen PJTKI resmi pada tahun 1999. Namun dirinya sempat pulang setelah kontraknya habis.

"Pada tahun 2002 dia berangkat lagi, tapi lewat jalur mandiri, jadi nggak lewat PJTKI. Jalur ilegal ini memang rawan sekali karena sulit dilacak. Kalau ada kasus memang kebanyakan yang lewat jalur ilegal seperti ini," paparnya.

Halaman

(ams/rih)