Kisah Pilu TKW Sragen Disekap Majikan Tanpa Makan-Minum Air Bak di Saudi

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 21:20 WIB
Purwanto menunjukkan foto kakaknya Surani, TKW yang viral disekap tanpa makan dan terpaksa minum air bak mandi di Jeddah, Arab Saudi
Foto: Purwanto menunjukkan foto kakaknya, Surani, TKW yang viral disekap tanpa makan dan terpaksa minum air bak mandi di Jeddah, Arab Saudi (Andika Tarmy/detikcom)

Purwanto menuturkan, setelah videonya viral, dua hari lalu Surani akhirnya dijemput petugas dan dibawa ke KJRI Jeddah. Purwanto pun lega, kakak perempuannya akhirnya terselamatkan.

"Sekarang posisi di KJRI Jeddah. Kemarin sempat menunggu pengembalian uang dan perhiasan serta baju yang masih ditahan majikan. Tapi tadi baru dapat kabar, barang-barang tersebut sudah dikembalikan," paparnya.

Saat ini, lanjut Purwanto, Surani sedang merampungkan administrasi untuk mengurus kepulangannya. Menurut kabar yang diterima Purwanto, Surani akan tiba di kampung halamannya sekitar dua pekan mendatang.

"Lega kakak saya bisa dipulangkan dengan selamat. Terima kasih atas bantuan pihak-pihak terkait," tambahnya.

Terpisah, Kepala Desa Mojorejo, Suharno, membenarkan Surani adalah warganya yang bekerja sebagai TKW di Arab Saudi. Menurutnya, dulu Surani diberangkatkan oleh salah satu agen PJTKI di Sragen.

"Dulu berangkat dari PJTKI di sini. Pertama kali berangkat, tahun 1999 lalu sempat pulang tahun 2002. Setelah itu berangkat kali dan tidak pulang sampai sekarang," terang Suharno.

Suharno mengaku sudah melaporkan permasalahan ini ke Bupati Sragen. Saat itu bupati meminta pihaknya segera melakukan tindak lanjut dengan membuat lapora tertulis.

"Sudah kita koordinasikan, kemudian dapat kabar sudah dijemput KJRI. Alhamdulillah, kita kawal agar segera bisa pulang ke rumahnya," ujar Suharno.

Dimintai konfirmasi terkait hal ini, Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Dinas Tenaga Kerja Sragen, Ernawan, membenarkan hal ini. Pihaknya mengaku langsung berkoordinasi dengan Balai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), usai mendapatkan informasi dari pihak desa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3