Karyawati Bank di Kota Tegal Ngaku Tak Sendirian Gondol Duit Nasabah Rp 6 M

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 20:54 WIB
Tersangka kasus penggelapan dana nasabah Rp 6 miliar menjalani pemeriksaan di Polresta Tegal, Selasa (30/6/2020).
Tersangka kasus penggelapan dana nasabah Rp 6 miliar menjalani pemeriksaan di Polresta Tegal, Selasa (30/6/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, seorang karyawati salah satu bank di Kota Tegal, Jawa Tengah berinisial FBW (39) ditangkap polisi atas laporan penggelapan dana nasabah. Para pelapor mengaku merugi total sekitar Rp 6 miliar.

"Kerugiannya bervariasi, namun totalnya sekitar Rp 6 miliar," kata KBO Reskrim Polresta Tegal Iptu Bambang SD di kantornya, Selasa (9/6/2020).

Bambang menyebut tersangka bekerja sebagai tenaga marketing di salah satu bank perkreditan di Kota Tegal. Untuk membujuk para korbannya, tersangka menawarkan bunga tinggi hampir 10 persen dari nilai simpanan, bonus dan hadiah dalam jumlah besar.

Bambang mengatakan salah satu korbannya, Virgin Christina Stefani Sanjaya alias Liem Khe Oh, mengaku mengalami kerugian Rp 1,6 miliar. Dari uang Virgin itu, ternyata tidak semua disetorkan ke bank.

"Yang disetorkan hanya Rp 300 juta dan Rp 1,3 miliar sisanya disalahgunakan pelaku. Untuk membuat korban percaya, pelaku membuat beberapa lembar bilyet deposit palsu dan diserahkan kepada korban," terang Bambang.

Aksi tersangka baru terungkap saat deposito korban memasuki masa jatuh tempo. Saat korban hendak mengambil uangnya di bank, jumlah uang yang ditarik tidak sesuai dengan uang yang telah disetorkan kepada tersangka.

Halaman

(rih/ams)