Siap-siap, Dab! Dishub Bakal Susun Aturan Untuk Pesepeda di Yogya

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 15:04 WIB
Kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta tampak ramai oleh warga. Tak sedikit warga yang datang untuk sekadar duduk-duduk atau bersepeda di sana.
Pesepeda di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Yogyakarta -

Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru-baru ini semakin dipenuhi oleh para pesepeda, terutama saat akhir pekan. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan DIY segera menyusun aturan untuk pesepeda di Yogyakarta.

"Untuk aturannya baru saya rapatkan dengan perguruan tinggi dan pegiat sepeda, nanti dari draft yang ada saya nulis surat mohon waktu kepada Gubernur dan Wali Kota untuk memberikan paparan dan minta pengarahan," kata Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus R saat dihubungi wartawan, Selasa (30/6/2020).

Tavip menjelaskan, secara garis besar bersepeda selain menyehatkan juga menurunkan tingkat emisi gas buang. Namun, ketika kegiatan bersepeda booming dan banyak pesepeda yang tidak tertib, juga menjadi masalah tersendiri.

"Emisi gas buang menjadi rendah, ada penurunan 20-30 persen. Tapi masalahnya ketika booming sepeda ini, ketidaktertiban, ketidakteraturan, jalur khusus tidak ada. Nah ini yang butuh aturan," ungkapnya.

"Yang penting sekarang kan membuat tertib di jalan," tegasnya.

Tavip mengungkap pihaknya juga tengah membahas terkait jalur khusus sepeda. Jika mengacu pada di luar negeri, trotoar bisa dijadikan sebagai jalur untuk pesepeda. Namun, lanjut Tavip, untuk kondisi DIY tentu hal itu sulit diterapkan.

"Makanya nanti ini kami bahas aturannya seperti apa untuk pesepeda dan saya juga buka referensi di luar negeri mencari model yang cocok diterapkan di DIY," terangnya.

Dia berharap dalam minggu ini dia bisa memaparkan hasil rapat ke Gubernur. Kota Yogyakarta menjadi prioritas bagi aturan ini.

"Targetnya ya minggu ini surat masuk ke Gubernur dan meminta waktu untuk memaparkan dan mendengarkan arahan dari pimpinan seperti apa," katanya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2