Gudang Penggergajian di Klaten Terbakar, Puluhan Kubik Kayu Hangus

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 09:45 WIB
kebakaran gudang kayu di pedan klaten, 30 juni 2020
Kebakaran gudang kayu di Pedan, Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Gudang penggergajian kayu di Jetis Wetan, Pedan, Klaten, terbakar. Akibatnya sekitar 50 meter kubik kayu yang tersimpan di gudang tersebut dilalap api.

"Kayu yang terbakar ada sekitar 50 meter kubik," ujar milik usaha penggergajian Hariono (50), saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (30/6/2020) pagi.

Hari mengatakan kejadiannya diketahui sekitar pukul 04.30 WIB. Api sudah membesar dari bagian belakang gudang. "Mungkin mulai ada api sudah sekitar jam 03.00 WIB tapi diketahui baru sekitar pukul 04.30 WIB," ungkapnya.

Tidak ada yang tinggal atau tidur di lokasi udang penggergajian tersebut. Setiap harinya hanya dikontrol oleh karyawan. Hal tersebut juga dikuatkan oleh pengakuan Joyo, salah satu karyawan. Saat dia datang usai subuh api sudah besar di belakang.

"Saya sampai di sini api sudah besar. Tidak ada yang jaga tapi setiap malam dikontrol," ujar Joyo kepada detikcom.

kebakaran gudang kayu di pedan klaten, 30 juni 2020Kebakaran gudang kayu di Pedan, Klaten, 30 Juni 2020. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Pantauan detikcom di lokasi gudang yang terbakar hanya setengahnya. Namun bagian yang terbakar penuh tumpukan kayu. Regu pemadam kebakaran Pemkab Klaten mengerahkan 4 unit pemadam ke lokasi. Hingga pukul 09.00 WIB petugas masih menetralisir lokasi.

Kapolsek Pedan AKP Damin saat dikonfirmasi menjelaskan jajarannya sudah diterjunkan ke lokasi. "Hasil lidik (penyelidikan) sementara, (sumber api) dari korsleting listrik yang memicu kebakaran," jelas Damin saat dihubungi detikcom.

(mbr/mbr)