Round-Up

Satu Benderanya Dibakar, Jateng-DIY 'Dimerahkan' PDIP

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 12:09 WIB
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Kudus, Jawa Tengah siap memerahkan Kota Kretek. Mereka mengibarkan bendera partai.
Kibarkan Bendera Partai, PDIP Kudus 'Merahkan' Kota Kretek. (Foto: Dian Utoro Aji)
Yogyakarta -

Merespons pembakaran bendera partainya di Jakarta, DPD PDIP Jawa Tengah menginstruksikan gerakan mengibarkan bendera. Sepanjang Sabtu kemarin, kawasan 'kandang banteng' tersebut mulai 'dimerahkan'. Tak cuma di Jateng, Yogyakarta juga melakukan hal serupa.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan rapat dengan DPP PDIP digelar secara virtual untuk membahas perkara itu, Kamis (25/6). DPD PDIP Jateng kemudian memilih pengibaran bendera dalam gerakan Satu Bendera Dibakar, Sejuta Bendera Berkibar.

"Untuk di Jawa Tengah kami sudah menginstruksikan pemasangan bendera partai di seluruh DPC," kata Bambang dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (26/6).

Instruksi itu segera disambut pengurus dan kader di bawah. Sejak Jumat sore, DPC PDIP Brebes telah melakukan pemasangan bendera partai di seluruh pelosok kecamatan. "Secara serentak pemasangan dilakukan di tiap-tiap kecamatan, 17 kecamatan," Ketua DPC PDIP Brebes, Indra Kusuma, Jumat (26/6).

Di Kudus, bendera PDIP dipasang di jalan utama, pintu masuk Kudus hingga seluruh rumah kader PDIP Kudus. "Bendera kita pasang di seluruh struktur, ada 1.000 pengurus dan di sepanjang jalan protokol yang ada di Kudus," Ketua DPC PDIP Kudus, Masan, di sela pemasangan bendera partai di Jembatan Tanggulangin, Kudus, Sabtu (27/6).

Di Kendal, pimpinan PDIP setempat menargetkan pemasangan 5.000 bendera partai. "Kami akan pasang 5.000 bendera dan telah memesan ribuan bendera PDIP untuk dipasang di kabupaten, kecamatan dan desa. Hari ini telah kami pasang di jalur pantura sebanyak 300 bendera," kata Ketua DPC PDIP Kendal Akhmad Suyuti, Sabtu (27/6).

Di Banjarnegara, kader dan simpatisan PDIP menggelar apel siaga. Selanjutnya, mereka juga melakukan pemasangan bendera besar-besaran. "Pengibaran bendera merah putih dan bendera PDIP ini serentak dikibarkan di depan rumah. Mulai dari pengurus, kader dan simpatisan," kata Ketua DPC PDIP Banjarnegara, Nuryanto.

Di Kota Yogyakarta, sejumlah titik mulai dipenuhi bendera PDIP. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut hal itu sebagai respons atas pembakaran bendera PDIP di Jakarta.

Di Jalan Mataram, Kota Yogyakarta tampak beberapa bendera PDIP berukuran besar terpasang di pinggir jalan. Selanjutnya, pemasangan bendera partai berlambang banteng ini juga tampak di Sosrowijayan Kulon, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Demikian juga di Jalan Letjen Soeprapto, dan Jalan Jagalan.

"Kami meminta semua kader dan simpatisan untuk mengibarkan bendera (PDIP) di rumah masing-masing. Semua itu untuk menjawab satu bendera dibakar sejuta bendera berkibar," kata Sekretaris DPD PDIP DIY, Totok Hedi Santosa kepada detikcom, Sabtu (27/6).

Tonton juga video 'Demo Massa PDIP di Polres Jakut Usai, Lalu Lintas Kembali Lancar':

(mbr/mbr)