Banner Flight, Sosialisasi New Normal ala Lanud Adisutjipto-Jogja Flying Club

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 16:03 WIB
Lanud Adisutjipto bersama Jogja Flying Club dari FASI DIY saat melaksanakan banner flight, Sabtu (27/6/2020).
Lanud Adisutjipto bersama Jogja Flying Club dari FASI DIY saat melaksanakan banner flight, Sabtu (27/6/2020). (Foto: Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Yogyakarta -

Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto bersama Jogja Flying Club dari Federasi Aerosport Indonesia (FASI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan sosialisasi new normal dengan cara yang unik. Mereka melaksanakan banner flight sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat, khususnya mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor Sus. Ambar Rejiyati mengatakan, digaungkannya new normal membuat situasi di DIY semakin ramai. Menurutnya, hal itu harus dibarengi dengan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tetap menjaga physical distancing, memakai masker dan selalu menjaga kebersihan untuk meminimalkan penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Maka dari itu, TNI AU dalam hal ini Pangkalan TNI AU Adisutjipto beserta Jogja Flying Club dari Federasi Aerosport Indonesia DIY membantu program pemerintah untuk menyosialisasikan new normal," kata Ambar melalui keterangan tertulis, Sabtu (27/6/2020).

Sosialisasi tersebut, kata Ambar dengan melaksanakan banner flight. Di mana satu unit pesawat trike terbang sembari membawa banner berukuran besar.

Lanud Adisutjipto bersama Jogja Flying Club dari FASI DIY saat melaksanakan banner flight, Sabtu (27/6/2020).Lanud Adisutjipto bersama Jogja Flying Club dari FASI DIY saat melaksanakan banner flight, Sabtu (27/6/2020). Foto: Dok. Pentak Lanud Adisutjipto

"Jadi sosialisasinya itu dengan melaksanakan banner flight yang bertuliskan 'New Normal, Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan'," ucapnya.

Adapun rute banner flight itu menempuh rute Candi Prambanan, Monumen Jogja Kembali, Kota Yogyakarta, Bantul dan kembali mendarat di Lanud Adisutjipto. Ambar berharap dengan sosialisasi ini membuat masyarakat semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat DIY dan sekitarnya bisa mengaplikasikan new normal dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dalam kegiatannya serta menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar terhindar dari COVID-19," jelasnya.

(rih/rih)