Pemotor yang Viral Beli BBM Lalu Santuy Kabur di Klaten Dibawa ke RSJ

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 15:24 WIB
Pom mini tempat beraksi pemotor di Klaten yang viral membeli BBM tanpa membayar, Selasa (23/6/2020).
Toko dan pom mini tempat beraksinya pemotor di Klaten yang viral membeli BBM lalu kabur tanpa bayar, Selasa (23/6/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Polisi memeriksa kondisi kejiwaan pemotor di Klaten yang viral membeli BBM lalu kabur tanpa membayar. Pemotor bernama Nanda Putra Novianto alias Eko Temon (30) itu ditangkap saat beraksi untuk kedua kalinya di lokasi yang sama.

Saat dimintai konfirmasi, Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan mengatakan pelaku sudah dimintai keterangan, termasuk diperiksa kondisi kejiwaannya di RSJD dr Soedjarwadi, Klaten.

"Sudah diminta keterangan Polsek Kota. Sudah dibawa ke RSJ kemarin sore," kata Andriansyah saat dihubungi detikcom, Selasa (23/6/2020).

Terpisah, pemilik toko dan pom mini yang didatangi pelaku di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Ervina (37) mengatakan dalam aksi keduanya ini pelaku tidak lagi membeli BBM tapi meminta uang kepadanya.

"Tidak lagi beli bensin tapi datang minta uang. Minta uang buat nato (menato)," ungkap Ervina kepada detikcom.

Ervina menceritakan, pelaku datang ke tokonya pada Minggu (21/6) malam sekitar pukul 18.30 WIB. Saat pelaku minta uang, dirinya yakin pria itu adalah pemotor yang dulu beli BBM tak bayar di pom mini miliknya.

Ervina mengaku masih hapal dengan wajah pelaku. Apalagi sepeda motor yang dipakai juga sama seperti yang dulu dibawa.

"Saya masih hapal wajahnya. Sepeda motor matik juga masih saya ingat benar," jelas Ervina.

"Saya kenali wajahnya lalu suami saya di rumah sebelah saya WA. Saat kejadian kebetulan ada polisi Polres Klaten yang beli rokok," lanjutnya.

Oleh polisi, kata Ervina, pelaku sempat ditanya identitasnya. Pelaku kemudian mengaku sebagai anggota reserse.

Pemotor Santuy Beli BBM Lalu Kabur, Bikin Pusing Polisi: