22 Hari Diisolasi di RS Gegara Corona, Kakek Ini Pulang Disambut Drum Band

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 19:21 WIB
Warga menyambut kedatangan Syamsuri dari rumah sakit
Foto: Warga menyambut kedatangan Syamsuri dari rumah sakit (Foto: Ragil Ajiyanto)
Boyolali -

Samsuri (73) dinyatakan sembuh dari virus Corona atau COVID-19 usai menjalani karantina selama 22 hari di RSUD Pandan Arang, Boyolali. Kepulangan warga Kecamatan Banyudono, Boyolali itu pun disambut meriah oleh para tetangganya.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (22/6), puluhan warga telah menunggu kedatangan Samsuri di perempatan dukuh setempat. Mereka memainkan sejumlah alat musik, dan bahkan mengenakan seragam kelompok kesenian setempat.

Samsuri yang tinggal di Dukuh Cabean RT 07 Desa Cangkringan pulang dengan diantar pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan Boyolali. Setibanya di perempatan dukuh tersebut, dilakukan serah terima dari Kepala Dinas Kesehatan Boyolali kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Desa Cangkringan.

Selanjutnya, dengan iringan musik drum band dan tarian, Samsuri diantar ke rumahnya yang berjarak sekitar 100 meter dari perempatan tersebut. Ketua RT setempat mengatakan penyambutan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan moril.

Warga menyambut kedatangan Syamsuri dari rumah sakitSyamsuri saat pulang dari rumah sakit. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

"Idenya dari warga di RT 07 dengan semangat dan antusias karena menunggu kedatangan dari rumah sakit Boyolali atas kesehatan bapak Samsuri," kata Ketua RT 07 Dukuh Cabean, Joko Susanto di sela acara, di Boyolali, Senin (22/6/2020).

Sementara itu, Kadis Boyolali, Ratri S Survivalina, mengatakan Samsuri sudah dinyatakan sembuh setelah 22 hari dirawat diisolasi di bangsal Brotowali RSUD Pandan Arang, Boyolali. Selain Samsuri, pihaknya juga memulangkan pasien Corona lainnya asal Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono yang sudah dinyatakan sembuh.

"Alhamdulilah dengan dukungan seluruh masyarakat Banyudono, yang mana mereka menerapkan program jogo tonggo, juga menerapkan karantina mandiri di RT masing-masing, juga melakukan kegitan yang terkait protokol kesehatan. Kedua-duanya ternyata bisa sembuh dengan cepat," kata Ratri S Survivalina.

Selanjutnya
Halaman
1 2