PKM Kota Semarang Diperpanjang, Karaoke-Obyek Wisata Boleh Buka

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 19:58 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Angling/detikcom)
Semarang -

Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Kota Semarang akan diperpanjang selama 2 minggu. Meski begitu, akan ada pelonggaran salah satunya di bidang pariwisata.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) mengatakan hasil dari rapat dengan berbagai pihak, PKM jilid 3 yang berakhir hari Minggu (21/6) besok akan diperpanjang dengan PKM jilid 4 mulai Senin (22/6) hingga 14 hari ke depan.

"Besok sudah 21 Juni, maka rapat tadi fokuskan PKM diperpanjang 14 hari ke depan agar patroli tentang SOP kesehatan tetap berjalan," kata Hendi di kantornya, Semarang, Sabtu (20/6/2020).

Hendi itu menjelaskan pelonggaran PKM jilid 4 ini akan diberlakukan di jam operasional restoran atau tempat makan. Saat PKM jilid 4 ini, restoran diizinkan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

"Jam operasional, PKL yang di bidang makanan atau restoran, mulai Senin (22/6) bisa beroperasi sampai jam 22.00 WIB. Tentu saja dengan standar SOP kesehatan, harus jaga jarak, siapkan pengukur suhu, tempat cuci tangan," jelasnya.

Tak hanya itu, pelonggaran juga bakal diberlakukan di destinasi wisata yang ditangani Pemkot Semarang. Destinasi wisata yang bakal kembali dibuka yakni Semarang Zoo dan Goa Kreo, dengan syarat jumlah pengunjung dibatasi.

"Misal Goa Kreo kapasitas sampai berapa? (Misal) 800 orang, berarti kalau sudah 400 orang disetop," tegasnya.

Selain itu, tempat hiburan seperti karaoke keluarga juga dipertimbangkan akan kembali dibuka dengan protokol kesehatan. Untuk karaoke lainnya juga diizinkan asalkan tanpa pemandu lagu.

"Yang mendesak itu karaoke keluarga, kalau yang bukan karaoke keluarga bagaimana? Tidak boleh ada pemandu lagu. Pokoknya harus sesuai PKM," jawab Hendi saat ditanya tempat hiburan apa saja yang boleh dibuka.

"Jadi untuk tempat wisata nanti seperti Goa Kreo, Semarang Zoo, dan teman pengelola Sam Poo Kong juga kemarin mengatakan akan buka," sambung Hendi.

Selanjutnya
Halaman
1 2