Inspiratif! Gadis Anak Penjaga Hutan di Gunungkidul Kuliah S3 di Jepang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 12:55 WIB
Anak penjaga hutan, Sawitri bersama kedua orang tuanya.
Foto: Sawitri bersama kedua orang tuanya. (Dok Sawitri)
Yogyakarta -

Seorang gadis anak penjaga hutan di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menempuh pendidikan S3 di Jepang. Menurut rencana, gadis bernama Sawitri (26) akan menyelesaikan studinya pada September 2020.

"Sejak 2017 lalu (Sawitri) mengambil S3 di Jepang," kata ayah Sawitri, Tukiyat (52) dalam keterangan tertulis yang dikirim dari Humas Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (19/6/2020).

Tukiyat mengungkap Sawitri menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMAN 1 Wonosari tahun 2011. Lalu ia melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan UGM dengan mengambil prodi Silvikultur. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan S1, ia pun melanjutkan ke jenjang S2 di prodi yang sama.

Tukiyat merupakan penjaga hutan Wanagama yang dikelola oleh UGM. Dia sudah bekerja sebagai penjaga hutan Wanaga sejak tahun 1991. Sebagai penjaga hutan, ia bersama istri dan anaknya tinggal di hutan Wanagama.

Tidak ada tetangga atau warga yang tinggal di dekat rumah mereka. Yang ada hanya pepohonan dan semak belukar. Namun tidak jadi penghalang untuk belajar, justri Sawitri banyak belajar tentang hutan sejak kecil.

"Paling main di sekitar hutan atau membaca buku di rumah," tutur Tukiyat.

Tonton juga video 'Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia':

Selanjutnya
Halaman
1 2