4 Permintaan Unik Bocah Gimbal Dieng: Motor Trail hingga Kentut

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 15:11 WIB
Tradisi cukur rambut gimbal anak Dieng, 17/6/2020
Ruwatan bocah rambut gimbal di Dieng, Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Tradisi ruwatan rambut gimbal di Dieng selalu menarik untuk diikuti. Apalagi jika mendengar permintaan-permintaan unik anak bajang atau anak berambut gimbal sebagai salah satu syarat untuk menggelar ruwatan.

Hafizul Aksa (6) bocah dari Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara baru saja diruwat dengan mencukur rambut gimbalnya. Ia meminta sepeda motor trail.

"Anak minta motor trail sejak kecil dan tidak pernah berubah meski ditanya berulangkali," kata ayah Hafizul Aksa, Tuwarno, Rabu (17/6/2020) malam.

Selain Hafizul Aksa, detikcom mencatat beberapa permintaan unik dari anak rambut gimbal di dataran tinggi Dieng. Seperti Fitria Nur Rahmadzani yang diruwat pada 2018 lalu. Sebelum diruwat ia meminta tempe gembus, burung kenari dan payung.

Bahkan, permintaan anak rambut gimbal lain bernama Dinda Syifa Ramadhani sempat membuat tertawa wisatawan saat diruwat di gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2019 lalu. Bagaimana tidak, Dinda meminta kentut ibunya dan dibungkus menggunakan plastik.

"Kalau ditanya mintanya apa, jawabannya kentut. Dia juga pernah bertanya ibu kentut atau tidak, saat itu saya jawab ya kentut lah seperti orang pada umumnya," kata ibundanya, Mursinah.

Selain itu, bocah asal Desa Jlamprang Kecamatan Leksono, Wonosobo ini juga meminta satu butir telur puyuh. Hal ini tidak mengherankan, karena Dinda hobi makan telur puyuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2