Kisah Bocah Gimbal Dieng Dicukur dengan Syarat Dibelikan Motor Trail

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 12:52 WIB
Tradisi cukur rambut gimbal di dataran tinggi Dieng tetap dilakukan tahun ini. Kali ini tradisi cukur rambut gimbal digelar di rumah bukan di gelaran Dieng Culture Festival.
Hafizul Aksa anak rambut gimbal Dieng yang minta motor trail (Foto: Uje Hartono)
Banjarnegara -

Tradisi cukur rambut gimbal di dataran tinggi Dieng tetap digelar meski tidak besar-besaran seperti pada Dieng Culture Festival (DCF). Tahun ini bocah yang menjalani ritual cukur rambut gimbal itu bernama Hafizul Aksa (6).

Warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur Banjarnegara itu punya permintaan unik yang harus dipenuhi agar rambut gimbalnya itu tidak tumbuh lagi setelah dicukur. Meski baru berusia 6 tahun, anak pasangan Tuwarno (34) dan Mualimah (28) ini meminta sepeda motor trail.

"Sepeda motornya mau digunakan untuk jalan-jalan," kata Aksa singkat usai jalani ruwatan di rumahnya Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara, Rabu (17/6/2020) malam.

Sesepuh Dieng sekaligus kakek Aksa, Samin, mengatakan permintaan tersebut sudah disampaikan sejak Aksa kecil. Permintaan tersebut disampaikan secara spontan dan tidak berubah meski ditanya berulangkali.

Makanan Untuk Ruwatan Rambut GimbalMakanan Untuk Ruwatan Rambut Gimbal Foto: dok. detikFood /Uje Hartono

"Dari dulu bilangnya minta motor trail. Tidak tahu melihat dari mana, tapi spontan aja minta motor trail," kata Samin.

Simak video 'Suhu di Dieng Kembali Normal, Embun Es Tak Terbentuk':

Selanjutnya cerita soal ibu Aksa yang juga sempat gimbal...

Selanjutnya
Halaman
1 2