Sempat Tutup karena Jadi Klaster Corona, Indogrosir Sleman Sudah Buka Lagi

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 14:31 WIB
Rapid test klaster Indogrosir di GOR Pangukan, Sleman, Kamis (14/5/2020).
Rapid test klaster Indogrosir di GOR Pangukan, Sleman, Kamis (14/5/2020). (Foto: Dok. Humas Pemkab Sleman)
Sleman -

Indogrosir Sleman yang menjadi salah satu klaster penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali beroperasi setelah ditutup pada 5 April 2020. Kini Pemerintah Kabupaten Sleman mengizinkan supermarket itu beroperasi kembali secara reguler.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Shavitri Nurmala Dewi menjelaskan Pemkab Sleman telah mengevaluasi klaster Indogrosir. Selain itu, penelusuran terhadap kasus Corona juga telah dilakukan melalui rapid diagnostic test (RDT) dan Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap karyawan dan pengunjung Indogrosir periode 19 April 2020-4 Mei 2020.

"Pemkab Sleman telah melakukan evaluasi terhadap layanan Indogrosir dan terhadap disediakannya layanan online yang dilakukan oleh Indogrosir, Pemkab Sleman menilai baik pelaksanaannya," kata Shavitri dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (15/6/2020).

Pihak Indogrosir, kata Shavitri, telah mengajukan surat permohonan untuk dapat melakukan layanan reguler. Sebab, selama klaster Indogrosir muncul, supermarket itu beroperasi secara online.

"Untuk itu Pemkab Sleman telah menerbitkan surat jawaban Nomor 440/01370 tanggal 9 Juni 2020 tentang operasional pelayanan reguler Indogrosir Sleman berbasis protokol kesehatan," ungkapnya.

"(Indogrosir) Mulai diperbolehkan beroperasi secara reguler tanggal 10 Juni," lanjut Shavitri.

Kendati diizinkan beroperasi secara reguler, Pemkab Sleman tetap melakukan pemantauan secara ketat. Agar tidak muncul klaster baru setelah operasional dibuka kembali.

Selanjutnya
Halaman
1 2