Komplotan Pencuri Gasak Kabel Senilai Puluhan Juta di Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 11:56 WIB
Jumpa pers Polres Kudus terkait kasus pencurian kabel Telkom, Senin (15/6/2020).
Foto: Jumpa pers Polres Kudus terkait kasus pencurian kabel Telkom, Senin (15/6/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Polisi menangkap komplotan pencuri kabel udara asal Purworejo yang sedang beraksi di jalan Kudus-Purwodadi pada 4 Juni 2020 lalu. Aksi komplotan maling itu sudah ketiga kalinya.

"Alhamdulillah kita dari jajaran Satreskrim Polres Kudus kemarin tanggal 4 Juni 2020 kita bisa mengungkap kasus pencurian pemberatan," kata Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi saat jumpa pers di Mapolres Kudus, Senin (15/6/2020).

Catur mengatakan, aksi pencurian kabel udara milik PT Telkom itu diketahui oleh warga Desa Undaan Kecamatan Undaan, Kudus. Awalanya ada seorang petugas Linmas Undaan Lor mencurigai ada sekelompok orang mengambil kabel udara saat malam hari. Mereka mengenakan seragam seperti petugas Telkom.

"Di jalan Kudus-Purwodadi, Desa Undaan. Ada beberapa orang menggunakan baju Telkom menurunkan kabel pada saat malam hari. Aksi ini diketahui Soreng linmas atas nama Abdul Kohar. Karena curiga kemudian Abdul melaporkan kepada Polres Kudus," katanya.

Atas laporan itu kemudian, Polres Kudus mengecek adanya kegiatan penurunan kabel udara tersebut. Namun dari pihak PT Telkom tidak sedang menurunkan kabel udara. Sehingga polisi bergerak dan mengamankan komplotan pelaku yang berjumlah lima orang.

Polisi mengamankan lima orang pelaku. Mereka adalah PP, FS, TY, AD dan GH. Lima pelaku berasal dari Purworejo.

Tonton juga video 'Tiga Kali Masuk Bui, Residivis Pencuri Kabel Timah Pertamina Dibekuk!: