New Normal New Spirit

Spirit New Normal Jateng: Cukur Gundul Rayakan Nihil Corona di Kebumen

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 13:46 WIB
Bupati Kebumen cukur gundul, syukuran nihil Corona -- 11/6/2020
Bupati Kebumen (tengah) cukur gundul, syukuran nihil Corona. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Yogyakarta -

Era kenormalan baru atau new normal menjadi hal yang ditunggu masyarakat untuk kembali beraktivitas usai pandemi Corona. Di Jawa Tengah new normal, new spirit, salah satunya tergambar dengan nihil kasus virus Corona (COVID-19) di Kebumen.

Selama masa pandemi virus Corona, di Kebumen tercatat ada pasien dalam pengawasan (PDP) di Kebumen tercatat ada 236 kasus yang terdiri dari 44 orang selesai pengawasan, 25 masih dalam pengawasan, 147 negatif dan 20 meninggal tanpa hasil lab. Sedangkan untuk kasus positif virus Corona di Kebumen yakni 34 kasus, terdiri dari 32 dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal.

Kabar baik datang saat Wakil Bupati Kebumen yang juga Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Arif Sugiyanto mengumumkan Kebumen zero positif pada Selasa (9/6). Pasien terakhir Corona di wilayahnya itu dinyatakan sembuh, dan program zonasi berjalan efektif.

Euforia zero kasus virus Corona itu dirayakan dengan cukur gundul massal. Acara cukur gundul ini bahkan diikuti Bupati Kebumen Yazid Mahfudz hingga Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Kamis (11/6) kemarin.

"Ini suatu bentuk puji syukur terhadap Allah SWT bagi tim gugus tugas, kita potong rambut karena sudah terbebas dari COVID-19 sudah zero COVID di Kabupaten Kebumen," kata Bupati Kebumen Yazid Mahfudz sembari rambutnya digunduli di kawasan Alun-alun Kebumen, Kamis (11/6).

Tak hanya Kebumen, Kota Tegal yang sebelumnya menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pun sukses menekan kasus Corona di wilayahnya. Satu-satunya kota di Jateng yang melaksanakan PSBB itu dinyatakan menjadi zona hijau pada Jumat (22/5) lalu. Warga pun merayakannya dengan sujud syukur.

"Malam ini secara resmi PSBB Kota Tegal berakhir. Jalan yang semula ditutup akan dibuka, termasuk lampu-lampu jalan (kembali dinyalakan). Juga objek wisata di Kota Tegal sudah boleh buka," ujar Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono usai apel penutupan PSBB di kompleks Alun alun, Jumat (22/5) malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2