Mulai Besok Daop 6 Kembali Operasionalkan KA Reguler Jarak Jauh

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 23:09 WIB
Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta jelang new normal, 11/6/2020
Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta jelang new normal, Kamis (11/6/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan 8 perjalanan kereta api (KA) reguler jarak jauh. Selain itu, bagi penumpang KA jarak jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta diberi faceshield gratis.

"Jelang new normal nanti kita sudah ada beberapa KA reguler (jarak jauh) yang dioperasikan mulai tanggal 12 Juni (2020)," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto saat ditemui detikcom di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kamis (11/6/2020).

Eko melanjutkan, KA yang dioperasikan kembali pada tahap awal ini seperti KA dari dan menuju Stasiun Kiaracondong, Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Sragen, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai jadwal perjalanan KA reguler yang beroperasi. Selain itu terdapat KA dengan keberangkatan dari Stasiun Tugu.

"Untuk KA (jarak jauh) dengan keberangkatan dari Daop 6 adalah KA Sancaka jurusan Stasiun Yogyakarta-Surabaya Gubeng dan KA Sri Tanjung relasi (Stasiun) Lempuyangan-Banyuwangi. Untuk KA Kahuripan dan KA Ranggajati hanya lewat Daop 6 tapi menurunkan serta menaikkan penumpang dari Daop 6," ujarnya.

Menurut Eko, beroperasinya kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

Selain itu juga mengacu pada Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

"KAI baru menjalankan sebagian perjalanan KA reguler dengan pertimbangan penerapan PSBB di berbagai wilayah serta permintaan dari masyarakat. Pengoperasian kembali KA reguler ini akan terus kami evaluasi perkembangannya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2