SDN di Demak Ini Terendam Banjir Rob, Ruang Kelas Penuh Lumpur

Mochamad Saifudin - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 17:55 WIB
SD Negeri 3 Sriwulan, Demak terendam banjir rob, Kamis (11/6/2020).
Foto: SD N 3 Sriwulan, Demak terendam banjir rob, Kamis (11/6/2020). (Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Banjir rob atau air pasang tak hanya berdampak pada bangunan rumah dan jalan desa di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Salah satu sekolah yakni SD Negeri Sriwulan 3, Kecamatan Sayung, Demak pun ikut terendam banjir rob selama tiga bulan lebih.

Pantauan detikcom, Kamis (11/6) sekitar pukul 12.00 WIB, tampak air masih menggenangi di SDN Sriwulan 3 Demak. Ketinggian air sekitar 40 cm di area halaman dan ruang guru sekitar 35 cm.

"Sudah tiga bulan lebih sekolah terendam air rob setiap hari, biasanya pukul 11.00 WIB air mulai datang, puncaknya sekira pukul 13. 00 WIB. Saat malam surut, namun paginya masih terdapat genangan air di halaman sekolah," jelas Kepala SD N Sriwulan 3 Eko Sarwono saat ditemui di lokasi, Kamis (11/6/2020).

Eko menyebut banjir rob sudah menggenangi area sekolahnya sejak akhir Februari 2020 lalu. Kala itu ketinggian air mencapai satu meter. Dampak banjir rob tahun ini pun diakuinya terparah.

"Semuanya (terdampak banjir rob), mulai dari kantor itu sudah tidak bisa kita pakai karena lantainya sudah dekat dengan atap. Sementara saat ini karena belum ada pembelajaran, kita numpang di kelas 6, dan semua ruangan kelas belum bisa kita gunakan, dampaknya ruangan kelas hancur semua," keluhnya.

Meski begitu, Eko mengaku sudah berupaya meninggikan ruangan kelas, kantor maupun halaman sekolah. "Sejak saya di sini 2013 sudah meninggikan lima kali," ucap Eko.

Dia menuturkan banjir rob itu merupakan siklus empat tahunan. Banjir rob serupa juga sempat terjadi pada 2016 silam.

"2016 juga sempat banjir rob besar namun tak separah ini, hanya sebentar dan dapat diprediksi datangnya air," ujar Eko sembari menunjukkan ruang kelas yang dipenuhi lumpur dampak dari banjir rob.

"Terkadang ular juga ikut masuk ruangan, akibat banjir rob dari belakang sekolah. Kamar mandi juga tidak dapat digunakan saat banjir rob," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2