Begini Cara Terminal Tirtonadi Solo Kurangi Beban Tagihan Listrik

Kartika Bagus - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 11:32 WIB
Panel listrik tenaga surya di Terminal Tirtonadi
Panel listrik tenaga surya di Terminal Tirtonadi. (Foto: Kartika Bagus/detikcom)
Solo -

Pemkot Solo kehabisan uang untuk pembayaran tagihan listrik. Ada baiknya, Pemkot belajar ke Terminal Tirtonadi Solo untuk mengatasi ketergantungan kebutuhan listrik dari PLN.

Terminal Tirtonadi di Solo menggunakan solar panel sebesar 500 watt. Dengan cara itu, terminal tersibuk di Jawa Tengah tersebut kini tiap bulan bisa menghemat tagihan listrik PLN hingga 30 persen dari tagihan sebelumnya.

Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengatakan pemasangan solar panel ini sudah dilakukan semenjak bulan Juni 2017.

"Dengan adanya solar panel ini bisa kalau biasanya pembayaran listrik kepada PLN sekitar Rp 250 juta per bulan, dikurangi 30 persen dari biaya listrik tiap bulannya. Poyek ini dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melengkapi sarana terminal Tipe A Tirtonadi dengan panel tenaga surya" tambahnya.

Gardu induk Solar Panel berlokasi di lantai atas Terminal Tirtonadi, pembangunan solar cell mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 500 Kilo Volt Ampere (KVA) atau setara dengan 500.000 watt.