Lutung Jawa Nyasar ke Permukiman Pekalongan Kondisinya Kurus-Terluka

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 13:21 WIB
Lutung Jawa nyasar di permukiman warga di Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/6/2020).
Lutung Jawa nyasar di permukiman warga di Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/6/2020). (Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Seekor lutung Jawa nyasar di permukiman warga di Desa Sumur Jomblangbogo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Saat ditemukan dan diamankan warga pada Jumat (5/6), kondisi primata yang termasuk hewan dilindungi tersebut cukup memprihatinkan.

"Saat kami amankan pada Jumat (5/6), kondisinya kurus. Ada luka di bagian punggungnya," kata salah seorang warga Desa Sumur Jomblangbogo, Edi Purnomo (27), saat ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (9/6/2020)

Sebelum diamankan warga, lutung Jawa ini berlarian di permukiman warga. Menurutnya, tingkah lutung itu tidak terlalu liar dan tak menyerang warga.

"Entah dari mana lutungnya. Tidak terlalu liar. Mungkin dia dari peliharaan yang lepas. Kondisinya memprihatinkan dan tampak kelaparan," jelas Edi.

Lutung Jawa nyasar di permukiman warga di Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/6/2020).Lutung Jawa nyasar di permukiman warga di Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/6/2020). (Robby Bernardi/detikcom)

Warga kemudian menangkapnya dengan cara memancing menggunakan makanan. Hingga akhirnya lutung betina ini bisa diamankan dan dirawat warga hingga saat ini.

"Sudah beberapa hari ini kami rawat. Alhamdulillah, kondisinya sudah agak gemukan. Lukanya juga sudah kering," kata Edi.

Edi mengaku tahu lutung Jawa tersebut merupakan binatang yang dilindungi, sehingga dia berupaya melaporkan temuan ini kepada BKSDA.

"Kami juga sudah mencoba menghubungi BKSDA, melalui e-mail. Namun e-mail tidak terkirim," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2