2 Korban Heli Jatuh di Kendal Masih Dirawat di ICU RSUP Kariadi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 19:46 WIB
Helikopter TNI AD Jatuh di Kendal
Helikopter TNI AD jatuh di Kendal, Sabtu (6/6/2020). (Foto: dok.istimewa)
Semarang -

Dua korban helikopter MI-17 milik TNI AD yang jatuh di Kawasan Industri Kendal saat ini masih menjalani perawatan di ICU RSUP Kariadi, Semarang. Sedangkan dua orang lainnya dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST).

Untuk yang dirawat di RSUP Kariadi, Semarang yaitu Praka Suprianto dan Lettu Cpn Vira, sedangkan yang dirawat di RST yaitu Praka Nanang, Praka Rofiq. Satu orang lagi yakni Praka Andi sudah kembali ke satuan.

"Sudah laksanakan evaluasi dan re-assesment pada pasien-pasien ini. Ada empat, dua di ICU Kariadi, dua ada di RST Semarang. Lalu, pada teleconference dengan KSAD tadi, kami laporkan, dua pasien di ICU, bahwa kondisinya masih dalam posisi kritis, artinya pada fase akut," kata Kepala Kesehatan Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Ckm dr Rahmat Saptono di RSUP Kariadi, Semarang, Senin (8/6/2020).

Untuk yang dirawat di RST, upaya medis sudah dilakukan termasuk reposisi sendi yang bergeser. Rahmat yakin sumber daya di RST berkompeten menangani pasien.

"Sementara yang di RST, yang pertama ada dislokasi atau pergeseran sendi panggul. Di Kariadi sudah lakukan reposisi, pengembalian sendi yang bergeser, lalu lakukan tindakan lanjutan di RST, Insyallah SDM-nya dokter spesialisnya memang kompeten," ujarnya.

Sementara itu Spesialis Bedah Plastik RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Ckm dr Budiman mengatakan pihaknya berkoordinasi agar pasien bisa dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto. Namun fasilitas di RSUP Kariadi sudah mumpuni, maka pasien baru akan dibawa setelah kondisi stabil.

Selanjutnya
Halaman
1 2