Pandemi Corona

Buntut Curhat Warga, Potongan Dana Bansos di Klaten Akhirnya Dikembalikan

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 12:12 WIB
Kantor Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Klaten
Foto: Kantor Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Klaten. (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Curhatan warga penerima bantuan sosial bantuan sosial (Bansos) di Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Klaten yang dananya dipotong untuk dibagi rata berbuntut panjang. Sebanyak 14 ketua RT dikumpulkan dan akhirnya bersedia mengembalikan dana.

"Kami kumpulkan ketua RT. Kesepakatan bagi rata (bagita) itu memang putusan dari beberapa RT di Desa Carikan dan uang akan dikembalikan," ungkap Camat Juwiring, Herlambang Jaka Santosa, kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (8/6/2020).

Herlambang menjelaskan uang tersebut diminta dari warga penerima dengan alasan untuk pemerataan. Semua telah dijelaskan bahwa kesepakatan RT itu menyalahi peruntukan.

"Setelah kita jelaskan itu menyalahi maka keputusan potongan itu dikembalikan. Dikembalikan kepada warga yang berhak menerima," jelas Herlambang.

Dalam gambar surat pernyataan dan berita acara yang diterima detikcom, surat berita acara pengembalian itu ditandatangani 14 ketua RT. Mulai dari RW 1 (RT 1, 2 dan 3), RW 2 (RT 1, 2 dan 3), 4 RW 3 (RT 1, 2 dan 3) serta RW 4 (RT 1, 2, 3 dan 4).

Pada pernyataan dan berita acara di atas materai disebutkan bahwa pemotongan yang dilakukan ketua RT berdasarkan pertemuan dan musyawarah warga masing-masing RT. Pemotongan oleh ketua RT itu tidak ada ancaman atau intimidasi tetapi berdasarkan kesadaran untuk dibagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2