Geger Info Pocong Gentayangan di Purbalingga, Polisi Turun Tangan

sip, Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 13:56 WIB
ilustrasi gadget
Ilustrasi. (Foto: thinkstock)
Purbalingga -

Isu tentang pocong bergentayangan beredar di beberapa lokasi di Kabupaten Purbalingga dalam beberapa hari terakhir. Polisi telah ikut turun tangan mendalami informasi tersebut.

"Jadi dari masyarakat mengkhawatirkan kalau isu pocong ini sebagai pengalihan adanya kejahatan lain, kalau di tempat ada pocong, warga fokus ke sana dan di tempat lain jadi sepi. Jadi ada tindak pencurian atau kejahatan lainnya," ucap Kapolsek Kutasari AKP Agus Amjat saat dihubungi detikcom, Kamis (4/6/2020).

Polsek Kutasari juga sudah bekerjasama dengan Sat Intel dan Sat Reskrim Polres Purbalingga untuk menangkal isu tersebut agar masyarakat tidak terlalu khawatir.

"Karena ini berkembang sudah di beberapa kecamatan lain ada di Kalimanah, ada di Mrebet," lanjutnya.

Polisi juga telah memeriksa sejumlah orang terkait informasi itu. Dan dari hasil pemeriksaan, diketahui informasi soal pocong merupakan informasi palsu.

Diwawancara terpisah, Kepala Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Eko Rastono mengatakan isu pocong juga beredar di desanya. Namun hingga saat ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

"Kalau isu pocong di Desa Karangcegak sendiri, yang bentuknya riil pocong masyarakat belum menemukan," kata Eko saat dihubungi detikcom.

Pasalnya isu tersebut saat ini bukan hanya berkembang di desa-desa yang ada di Kecamatan Kutasari saja. Namun sudah merambah ke kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Purbalingga seperti Kecamatan Kalimanah dan Mrebet. Tak hanya itu, dia menyebut ada teror pelemparan batu yang dialami warga.