Viral Video Perempuan Gangguan Jiwa Melahirkan di Pinggir Jalan Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 16:15 WIB
ilustrasi laptop
Ilustrasi gadget (Foto: dok. Thinkstock)

"Saya datang itu sudah melahirkan. Padahal satu hari sebelumnya itu belum ada, kita keliling (mencari) orang gila. Tiba-tiba pagi harinya ada itu," jelasnya.

Dia menjelaskan penanganan persalinan tersebut dilakukan sesuai prosedur yang ada. Saat ini ibu yang diperkirakan berusia 40 tahun itu dan bayinya dirawat di RSUD Majenang. Keduanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah stabil semua, sehat semua, baik ibunya maupun bayinya. Kami evakuasi, kami rujuk di RSUD Majenang. Ibunya dirawat di ruang Mawar, bayinya di ruang Soka. Masih kami pantau terus perkembangannya," ujarnya.

Kesehatan jiwa perempuan tersebut nantinya akan diperiksa lebih lanjut. Pihaknya akan menggandeng Dinas Sosial Cilacap terkait penanganan dan pengobatan perempuan tersebut.

"Kami juga akan berusaha cek fisik dengan iris mata, mudah-mudahan yang bersangkutan terdaftar selama ini, NIK-nya itu, jadi diketahui alamatnya di mana, kita akan berusaha mencari keluarganya," jelasnya.

"Kita belum tahu (terkait pengasuhan bayi), nanti kita akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, belum dapat memastikan, yang penting sekarang memastikan keduanya sehat dulu. Untuk tindak lanjut berikutnya lihat nanti," pungkas Iskandar.


(sip/ams)