Duh! Sudah Pamit dan Beli Oleh-oleh tapi Rini Tak Jadi Berangkat Haji

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 14:37 WIB
Rini Pujiastuti, Calhaj Tahun 2020 asal Brebes yang batal berangkat
Rini Pujiastuti (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 sama sekali tidak disangka-sangka oleh calon jamaah haji (calhaj). Rupanya sudah ada calhaj yang menggelar acara pamitan hingga menyiapkan oleh-oleh khas haji.

Seperti biasanya, pada bulan Syawal, calon jemaah haji mulai sibuk mengurus persiapan keberangkatan ke Tanah Suci selain mengurus persyaratan, seperti imunisasi meningitis maupun kesibukan lainnya.

Tidak ketinggalan, mereka juga mulai menggelar acara pamitan kepada sanak saudara untuk meminta restu. Bahkan urusan setelah kepulangan haji pun sudah disiapkan sebelum berangkat, yakni membeli oleh-oleh khas haji.

Rini Pujiastuti (53), salah seorang calon jamaah haji asal Kelurahan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menuturkan semua persiapan sudah dilakukan.

"Seperti jamaah lainnya, saya sudah manasik, latihan fisik, tes kesehatan. Selain itu, sudah berpamitan ke keluarga dan sanak saudara, minta doa restunya agar diberi kelancaran nanti di Tanah Suci. Intinya kita tinggal menunggu jadwal keberangkatan saja," kata Rini saat ditemui di tempat kerjanya, Rabu (3/6/2020).

Simak video 'Pemberangkatan Haji Ditunda, Calon Jemaah Ini Hanya Pasrah dan Ikhlas':

Selanjutnya
Halaman
1 2