Kontak Nakes Kena Corona, Warga dari 2 Desa di Kudus Dites Swab

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 13:46 WIB
Puskesmas Kaliwungu Kudus yang ditutup karena nakesnya kena Corona, Selasa (2/6/2020).
Puskesmas Kaliwungu Kudus yang ditutup karena nakesnya kena Corona, Selasa (2/6/2020). Foto: Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Warga di dua desa di Kecamatan Kaliwungu Kudus mengikuti tes swab hari ini. Para warga ini pernah kontak langsung dengan tenaga kesehatan (nakes) positif virus Corona atau COVID-19 di Puskesmas Kaliwungu.

"Ada dua desa yang masyarakat dilakukan swab, desa itu adalah Kedungdowo dan Desa Garung Lor. Mereka ini dengan kontak langsung dengan nakes yang terkonfirmasi positif Corona atau COVID-19. Mereka langsung di-swab," kata Camat Harso Widodo saat dihubungi detikcom, Rabu (3/6/2020).

Harso menuturkan ada 22 warga dari dua desa yang mengikuti tes swab ini. Tak hanya warga yang dites swab, tapi juga Babinsa dan Babinkamtimbas setempat.

"Di Desa Garung Lor 10 orang, dan Kedungdowo sebanyak 12 orang. Swab dilakukan di masing-masing desa," jelasnya.

"Ada Babinsa dan Babinkamtibmas juga mengikuti kegiatan swab ini. Mereka kontak dengan nakes positif Corona," sambung Harso.

Dia menyebut setelah menjalani swab, masing-masing warga diminta melakukan isolasi mandiri. Hingga saat ini baru warga dari dua desa di wilayahnya yang bakal menjalani tes swab. Pihaknya masih menunggu perintah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus soal kemungkinan tes swab lanjutan bagi aparat kecamatan maupun desa setempat.

"Kami di jajaran pemerintah kecamatan juga menunggu instruksi jika diminta swab oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Karena nakes ini kontak tidak hanya dengan warga melainkan juga pemerintah kecamatan dan pemerintah desa," terangnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2