Kecewa Batal Berhaji, Jemaah Asal Solo: Diminta Lunasi BPIH Sebelum Idul Fitri

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 21:11 WIB
Dua masjid suci umat Islam, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka kembali di tengah pandemi Corona. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi umat islam di seluruh dunia.
Ilustrasi. Foto: Getty Images/Abid Katib
Solo -

Pemerintah tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2020. Menanggapi hal tersebut, jemaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muhammadiyah Solo merasa kecewa dan meminta penjelasan pemerintah.

Apalagi sebelum Idul Fitri kemarin, jemaah diminta melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Harapan mereka pun semakin tinggi untuk bisa berangkat haji meski dibayang-bayangi wabah COVID-19.

"Jemaah ini sudah siap berangkat. Dua hari sebelum Idul Fitri mereka sudah diminta melunasi. Harapan mereka besar bisa berangkat, tapi ternyata batal," kata Koordinator KBIH Muhammadiyah Solo, Subari saat dihubungi wartawan, Selasa (2/6/2020).

Menurutnya, kekecewaan jemaah adalah hal yang wajar. Sebab di luar kegiatan bimbingan haji, jemaah dia sebut telah mengeluarkan biaya untuk keperluan pemberangkatan haji.

"Mewakili jemaah, kalau kecewa kan lumrah. Karena setahun ini kita sudah menyelenggarakan pelatihan, pengajian, manasik, sampai praktik. Tentu dengan berbagai biaya yang dikeluarkan jemaah," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo itu.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2