Mahasiswa Unnes Demo Soal UKT, Petugas Medis Sibuk Ingatkan Jaga Jarak

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 17:43 WIB
Demo mahasiswa Unnes tuntut pengembalian UKT
Foto: Demo mahasiswa Unnes tuntut pengembalian UKT. (Angling/detikcom)
Semarang -

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berunjuk rasa menuntut pengembalian uang kuliah tunggal (UKT) untuk meringankan beban mahasiswa di masa pandemi virus Corona atau COVID-19. Menariknya, di sela mahasiswa demo itu tampak petugas medis yang juga sibuk mengingatkan protokol kesehatan.

"Mas, jaga jarak, Mas," kata seorang tenaga medis berbaju merah kepada mahasiswa yang saling berdekatan saat unjuk rasa di depan Gedung Rektorat Unnes, Semarang, Selasa (2/6/2020).

Pantauan detikcom di lokasi, ada lima tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat, masing-masing dilengkapi dengan APD. Salah seorang petugas ber-APD warna merah tampak sibuk mengingatkan para pengunjuk rasa untuk mematuhi protokol kesehatan. Termasuk ketika ada yang maskernya melorot, akan langsung ditegur.

Dalam unjuk rasa tersebut sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dan pihak kampus. Petugas medis pun sibuk menengahi agar mereka menjaga jarak.

Ditemui terpisah, salah satu dokter Klinik Unnes, Esti Widiasari mengatakan pihaknya menyayangkan ada penyampaian aspirasi mahasiswa yang dilakukan di masa pandemi Corona ini. Menurutnya, jika mengacu protokol kesehatan tindakan ini sudah salah.

"Sebenarnya kalau secara protokol kesehatan, demo sudah menyalahi. Aspirasi tidak disampaikan dengan cara seperti itu, tidak dengan outdoor, ketemu. Mungkin pandangan mahasiswa sudah sumpek secara online, terus pakai cara seperti ini," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2