Pemerintah Batalkan Haji Tahun Ini, Sultan HB X: Harus Dimaklumi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 14:55 WIB
Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (2/6/2020).
Foto: Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (2/6/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Keputusan Pemerintah untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun ini mendapat tanggapan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Sultan meminta calon jemaah haji dari DIY untuk memakluminya.

"Lha kon opo? Lha seng arep ditekani nge-close kok, piye? Arep nengdi? Mosok golek papan liyo (Disuruh gimana? Tempat yang mau didatangi haji kan tutup. Mau di mana? Masak mencari tempat lain untuk melaksanakan ibadah haji)," kata Sultan saat ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (2/6/2020).

Karena itu, Sultan meminta calon jemaah Haji asal DIY untuk bersabar menyikapi keputusan tersebut. Apalagi, calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya mendapat prioritas untuk berangkat haji pada tahun 2021.

"Ya saya kira itu keadaan yang harus dimaklumi. Toh juga nanti dalam daftar kan tidak berubah, sehingga sudah diprioritaskan yang batal (berangkat Haji) sekarang (tahun ini) untuk berangkat tahun depan," ucapnya.

Simak video 'Calon Jamaah yang Sudah Lunasi Biaya Haji Berangkat 2021':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2