Gelombang Pasang Rendam Pemukiman di Pekalongan, Warga Dievakuasi

Robby Bernardi - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 21:47 WIB
Banjir rob di Pekalongan, warga dievakuasi (1/6/2020)
Gelombang tinggi di Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

Gelombang pasang terjadi pantai Utara di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (01/06/2020) sore. Gelombang pasang merendam ratusan pemukiman di Kelurahan Panjang, Pekalongan Utara.

Dalam pantauan detikcom, gelombang laut setinggi 3 hingga 4 meter menghantam tanggul dan masuk ke ruas jalan di Pantai dari Kota Pekalongan. Gelombang pasang lebih besar dari hari-hari sebelumnya.

"Gelombang mulai terjadi sejak pukul tiga sore tadi. Ombak tinggi melintas tanggul dan masuk pemukiman warga. Pemukiman warga tergenang. Kalau ketinggian bervariatif antara 30 centimeter hingga 70 centimeter," kata Ketua RW 19, Kelurahan Panjang, Dani.

Komandan KP IX-1015 Dit Polairud Polda Jateng, Bripka Wahyoe Tri P, banjir rob di Kota Pekalongan sendiri sudah terjadi sejak Minggu(31/06) malam, namun ketinggiannya tidak begitu tinggi.

"Banjir rob sudah sejak Minggu malam, di Slamaran Jalan Rasamalaraya, Pekalongan Utara, yang mengakibatkan masuknya air rob ke dalam rumah warga hingga mencapai sekitar 50 centimeter," katanya.

"Petang ini, kita stay bersama SAR, jika genangan semakin tinggi, kita siapkan perahu karet untuk evakuasi warga," lanjutnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2