WFH Malah Terkesan Liburan, ASN Solo Kembali Kerja Kantoran Besok

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 21:15 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Sejak status Kota Solo dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB), Pemkot Solo memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Dirasa tak efektif, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Solo mulai bekerja di kantor besok.

"Kesannya seperti libur malahan. Kita mulai new normal pelan-pelan," kata Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani di Balai Kota, Senin (1/6/2020).

Kebijakan tersebut diatur dalam surat edaran (SE) Nomor 061.1/978 tentang Perubahan Keempat atas Surat Edaran Sekretaris Daerah Kota Solo Nomor 061.1/930 tentang Perubahan Ketiga atas Surat Edaran Nomor 061.1/725.

"Besok ASN tidak ada yang WFH. Semua masuk seperti biasa, tapi tetap menggunakan protokol kesehatan," katanya.

Sedangkan untuk kondisi tertentu, semisal sakit atau bergejala COVID-19, maka ASN diperbolehkan bekerja dari rumah dengan surat izin resmi.

Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, mengatakan bahwa skrining akan dilakukan di gerbang masuk, yakni mengecek suhu dan penggunaan masker. Saat masuk ke kantor, ASN wajib mencuci tangan dan melakukan presensi dengan sidik jari.

Rudy juga mengaku akan mengecek apakah masih ada ASN membolos. Penerapan protokol kesehatan juga akan dipantau masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Akan ada sidak, kita cek ada ASN bolos apa tidak. Masing-masing kepala OPD bertanggung jawab memastikan protokol kesehatan berjalan sebagaimana mestinya," tutupnya.

(bai/mbr)