5 ASN Pemkot Solo Positif Terpapar Corona, 4 di Antaranya Nakes

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 19:09 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Solo terkonfirmasi positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Empat di antaranya adalah tenaga kesehatan (nakes) di bawah Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan satu ASN lainnya berasal dari jajaran Dinas Sosial. Mereka berdomisili luar Solo, dua dari Sukoharjo, dua dari Karanganyar dan satu dari Klaten.

Pihaknya masih melacak siapa saja rekan kerjanya yang sudah kontak. Untuk pelacakan keluarga pasien, Ning juga berkoordinasi dengan gugus tugas kabupaten sekitar.

"Kami belum mengetahui mereka tertular dari mana. Tracing kita lakukan berkoordinasi dengan Pemkab lain," kata Ning, sapaannya, kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Kondisi kelima pasien sehat dan termasuk sebagai orang tanpa gejala (OTG). Namun demikian, mereka harus dirawat di rumah sakit, baik di Solo atau di luar Solo.

"Kondisinya tanpa gejala, makanya saya juga kaget. Terutama nakes sudah sesuai prosedur, pakai APD. Tapi kita nggak tahu kan mereka tertular di mana," ujarnya.

Dari keempat nakes itu, sudah ada sedikitnya 40 orang ASN yang harus melakukan karantina mandiri. DKK pun menutup layanan beberapa Puskesmas pembantu, seperti di Mojosongo dan Semanggi. Layanan dipusatkan di Puskesmas induk.

Karena kelimanya merupakan warga luar Solo maka mereka tidak menambah jumlah kasus di Solo. Hingga 1 Juni 2020, jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Solo masih 34 orang, 22 orang sembuh, 8 orang dirawat, 4 orang meninggal dunia.

(bai/mbr)